Kamis, Januari 28

Membuat Ponsel Android Sebagai Portable Wifi HotSpot

Perkembangan gadget pun semakin canggih, dahulu apabila kita ingin connect dengan wifi harus mempunyai Radio Wireless , namun sekarang anda bisa membuat wifi spot sendiri dengan menggunakan ponsel Android anda. Namun sebelum itu anda harus mempunyai koneksi dengan internet, minimal anda mempunyai paketan data internet, jika tidak maka wifi tidak bisa dikonekkan dengan internet.
Portable-Android-WiFi
Langsung saja berikut ini langkah langkahnya :
1. Pilih menu Setting > wireless and network > tethering and portable hotsptot.
2. Lanjut pilih lah configuration wifi hotspot, otomatis akan muncul tulisan settingan pada layar
3. Pada pilihan SSID (SSID adalah nama wifi hotspot) masukkan nama sesuka anda (misalkan “Android Wifi”). Selanjutnya ada pilihan untuk security yaitu WPK PSK, WPA 2 PSK, dan juga none.
Berikut ini penjelasannya :
Jika anda memilih WPK PSK atau WPA 2 PSK, ini adalah pilihan untuk memproteksi wifi anda, apabila anda memilih ini akan ada input lagi untuk password, password ini digunakan apabila laptop atau gadget yang ingin terkoneksi di wifi anda bisa tersambung, apabila password salah maka tidak bisa masuk.
Jika anda memilih none, maka siapa saja bisa masuk wifi anda tanpa password
Antara 2 pilihan ini, jika anda berada di tempat publik saya sarankan pilihlah memakai password, namun jika anda di kamar atau di tempat yang hanya digunakan oleh anda sendiri maka pilihlah none
4. Selanjutnya tekan ok untuk konfigurasi
5. Pilih centang pada portable wifi hotspot, juga nyalakan internet
6. Test wifi anda dengan menggunakan gadget teman atau laptop, apabila sudah terkonek maka berhasil, sebelumnya pastikan pilihannya berada di nama wifi yang anda buat sebelumnya.
Yang perlu anda perhatikan adalah koneksi kuota data di ponsel anda, karena digunakan di gadget lain ataupun di laptop maka koneksi internet akan sering digunakan sehingga data cepat habis, jika anda memakai unlimited maka tidak masalah, tapi jika anda memilih quota bassed maka bisa jadi bencana, kuota anda aka cepat habis, namun ini bisa di imbingani dengan kebijakan pemakaian internet. Selain itu dengan menjadikan Android anda menjadi wifi, maka otomatis Android anda akan cepat panas juga baterai akan cepat habis, hal ini wajar kerana ketika menjadi wifi Android anda akan berposes terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar